Welcome;

Semoga blog ini bermanfaat bagi para pemirsa di seluruh indonesia.

Sabtu, 05 Agustus 2023

Tiga Masalah Kita Di Dunia

Dunia itu kan tempat kita hidup sekarang ini. Di dunia ini banyak hal-hal yang menarik dan menggoda, seperti uang, jabatan, mobil, rumah, pakaian, makanan, minuman, hiburan, dan lain-lain. Hal-hal ini bisa membuat kita senang dan puas, tapi juga bisa membuat kita lupa diri dan lupa tujuan. Karena itu, kita harus hati-hati dalam menyikapi dunia ini.
Ada tiga masalah yang salah terhadap dunia yang harus kita hindari, yaitu:

1. Mengagungkan dunia. Ini artinya kita menganggap dunia itu segalanya, nomor satu, paling penting, paling berharga. Kita rela melakukan apa saja untuk mendapatkan dunia, bahkan sampai mengorbankan akhirat kita. Kita terobsesi dengan hal-hal duniawi seperti harta, kekuasaan, kemewahan, dan kesenangan. Kita lupa bahwa dunia itu cuma sementara, gak abadi, gak sempurna. Kita juga lupa bahwa Allah Azza wa Jalla adalah Pencipta dan Pemilik segala sesuatu, termasuk dunia. Allah Azza wa Jalla bilang:

Apa yang ada pada kamu akan habis, dan apa yang ada pada Allah adalah kekal. Dan sungguh, Kami akan memberikan pahala kepada orang-orang yang sabar dengan sebaik-baik pahala atas apa yang mereka kerjakan. [An-Nahl/16:96]

Mengagungkan dunia itu dosa besar yang bisa merusak iman dan akal kita. Orang yang mengagungkan dunia bakal terjerumus dalam berbagai kesalahan, kezaliman, dan kekufuran. Mereka bakal mengabaikan perintah dan larangan Allah Azza wa Jalla, mengingkari nikmat-Nya, dan menyekutukan-Nya dengan selain-Nya. Mereka juga bakal bersikap sombong, angkuh, iri, dengki, bakhil, dan tamak terhadap sesama manusia. Mereka gak bakal merasa puas dengan apa yang mereka punya, tapi selalu pengen lebih dan lebih. Mereka juga gak bakal bersyukur kepada Allah Azza wa Jalla, tapi selalu ngeluh dan ngadu. Mereka gak bakal dapet kebahagiaan di dunia maupun di akhirat, tapi cuma kesengsaraan dan azab.

2. Mencintai dunia. Ini artinya kita suka dan ngejar dunia dengan cara yang berlebihan dan melampaui batas. Orang yang cinta dunia biasanya terpikat dengan kenikmatan-kenikmatan duniawi seperti harta, jabatan, pangkat, kecantikan, ketenaran, dan sebagainya. Mereka kira bahwa dengan punya hal-hal itu mereka bakal bahagia dan sukses. Mereka lupa bahwa kenikmatan-kenikmatan duniawi itu cuma sementara dan gak bisa jamin kebahagiaan sejati. Allah Azza wa Jalla bilang:

Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. [Ali 'Imran/3:185]

Mencintai dunia itu sifat tercela yang bisa ngalangin kita dari jalan Allah Azza wa Jalla. Orang yang cinta dunia biasanya lalai dari kewajiban-kewajiban agamanya,
seperti shalat, zakat, puasa, haji, dan lain-lain. Mereka juga sering melanggar larangan-larangan agamanya, seperti berzina, minum khamr, berjudi, makan riba, menipu, mencuri, membunuh, dan lain-lain. Mereka juga sering bersikap bakhil terhadap orang miskin dan fakir, gak mau bersedekah atau ngebantu orang lain. Mereka juga sering bersaing dan berantem-antem dalam hal-hal duniawi, gak peduli dengan akibatnya buat diri mereka sendiri maupun orang lain. Mereka gak bakal dapet kebaikan di dunia maupun di akhirat, tapi cuma kerugian dan penyesalan.

3. Tamak dunia. Ini artinya kita pengen dan ngumpulin dunia dengan cara yang gak wajar dan gak adil. Orang yang tamak dunia biasanya gak puas dengan apa yang udah Allah Azza wa Jalla kasih ke mereka, tapi selalu ngarep lebih banyak lagi. Mereka gak mau berbagi atau ngasih sebagian dari hartanya ke orang lain, bahkan mereka pengen nguasain harta orang lain. Mereka gak perduli sama hak-hak Allah Azza wa Jalla dan hak-hak manusia dalam harta mereka, tapi cuma mementingin kepentingan diri sendiri. Mereka gak pake harta mereka buat hal-hal yang bermanfaat dan berguna, tapi cuma buat penuhin hawa nafsu dan kesombongan mereka. Allah Azza wa Jalla bilang:

Dan kamu sangat mencintai harta benda. [Al-Fajr/89:20]

Tamak dunia itu penyakit hati yang bisa bikin kita jadi zalim dan durhaka. Orang yang tamak dunia biasanya ngelakuin berbagai kejahatan dan kekejian buat dapetin atau ngejagain hartanya, seperti ngezalimin orang lemah, ngebohongin orang bodoh, merampas hak orang lain, suap-menyuap, korupsi, kolusi, nepotisme, dan lain-lain. Mereka juga sering nentang perintah dan larangan Allah Azza wa Jalla, seperti gak mau bayar zakat, ngelakuin riba, nyembunyiin barang dagangan yang cacat, nimbun barang dagangan yang langka, dan lain-lain. Mereka juga sering ngelakuin nikmat-nikmat Allah Azza wa Jalla, seperti gak bersyukur, gak ngaku karunia-Nya, dan gak mau taat sama Dia. Mereka gak bakal dapet keberkahan di dunia maupun di akhirat, tapi cuma kehinaan dan siksa.
Nah, itu dia penjelasan saya tentang tiga sikap yang salah terhadap dunia yang harus kita hindari. Semoga dengan bahasa yang lebih komunikatif ini Anda bisa lebih mudah memahami dan mengamalkan pesan-pesan yang saya sampaikan. Saya minta maaf kalau ada kesalahan atau kekurangan dalam penjelasan saya. Saya juga mohon doa agar kita semua bisa zuhud terhadap dunia dan bersemangat untuk akhirat. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar